«

»

May 10

Razia Gabungan Dishubinkom dan Polres Cirebon Kota

Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Kota Cirebon dengan dibantu Satlantas Polres Cirebon Kota (Ciko) menggelar razia surat-surat kendaraan bermotor dan kendaraan angkutan barang, di Jalan Cipto Mangunkusumo persisnya di depan Carefour, Selasa (10/5).
Razia tersebut digelar guna menekan angka pelanggaran dalam lalu lintas. Seperti mobil angkutan barang yang tak dilengkapi surat ijin, angkot yang tak memiliki ijin trayek, hingga kelengkapan pengguna kendaraan bermotor.
Kasi Dalops Dishub Kota Cirebon, J. Sianturi menjelaskan, razia yang berlangsung sekitar dua jam itu merupakan agenda rutin Dishubinkom Kota Cirebon. Terkait gabungan dengan satlantas Polres Cirebon Kota, Sianturi menjelaskan, hal itu karena Dishubinkom hanya berwenang menindak angkot dan mobil angkutan barang yang tidak melengkapi persuratan kendaraan dan barang bawaannya. “Kalau motor yang melanggar, itu kewenangan polisi,” katanya.
Sianturi menghimbau kepada masyarakat agar menaati aturan dalam berlalu lintas di jalan. Karena jika tidak menaati aturan, bukan tidak mungkin dapat merugikan orang lain juga. “Misalnya, gara-gara memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi terus terjatuh, dan mengenai pengendara lain,” ujarnya.
Sementara itu, Kasubnit Bagian Operasi Polres Cirebon Kota , Aiptu Supai Warna yang ikut dalam razia tersebut mengatakan, selain membantu Dishubinkom pihaknya juga memiliki kewenangan untuk menindak pengguna jalan yang melanggar. “Ya ini juga menjadi agenda rutin kami,” katanya.
Salah seorang pengendara yang terjaring razia, Intan (23 tahun) mengaku terkejut ketika dirinya diberhentikan, padahal ia merasa menggunakan helm dan kaca spion lengkap. “Memang sih saya belum punya SIM, jadi STNK-nya ditahan,” ujarnya.
Dari razia yang berlangsung pada pukul 9 hingga 11 pagi itu tim gabungan Dishub dan Satlantas Polres Ciko mengelurkan puluhan surat Bukti Pelanggran (Tilang) bagi para pelanggar.